Pages

Subscribe:

Labels

06 September 2009

PHYSICAL CONDITIONING

PHYSICAL CONDITIONING

KARAKTERISTIK PERMAINAN BULUTANGKIS

1. Lama pertandingan bulutangkis (nasional – internasional), acapkali TIDAK dapat ditentukan (diprediksi), artinya apakah pertandingan itu akan berlangsung lama atau cepat. Berdasarkan data Litbang PB. PBSI, rata-rata suatu pertandingan berlangsung antara 15 – 27 menit/setiap set. Ini berarti bahwa suatu pertandingan apabila berlansung rubber set, akan membutuhkan waktu antara 60 -90 menit.

2. Luas lapangan bulutangkis, relatif tidak begitu luas, yakni 7 x 6.10 meter, namun araea ini harus dijelajahi oleh atlet dengan gerakan-gerakan yang serba cepat dan sangat variatif frekwensi kegiatannya atau gerakan eksplosif.

3. Selama pertandingan, atlet harus melakukan konsentrasi penuh, antara lain untuk mengarahkan pukulan pada sasaran yang tepat (accuracy), serta senantiasa mampu mengontrol gerakannya dan menempatkan diri pada posisi yang tepat. Disamping setiap atlet harus secara konsisten mampu mengambil keputusan yang tepat, cepat kapan saat yang jitu untuk menggunakan berbagai teknik pukulan, taktik dan strategi bermain.

4. Semua bentuk gerak, seperti lari cepat, beraksi meloncat, menjangkau, split, bergerak ke samping (kanan, kiri), lari maju dan mundur, bergerak cepat dan sekonyong-konyong harus merubah arah gerak tanpa harus kehilangan keseimbangan adalah rangkaian gerakan dan kenyataan yang harus dilakukan, dengan cepat, eksplosif, terkoordinasi dengan irama gerak yang tetap sempurna, yang kesemua kegiatan gerak itu harus didukung olah aspek faktor kekuatan, power, dan daya tahan yang prima.

Faktor-faktor tersebut di atas, mengisyaratkan bahwa tidak ada alasan kuat, untuk tidak menjadikan Pelatihan Kondisi Fisik, sebagai ‘Program Penting’ dalam struktur Pelatihan bulutangkis.

Sumber : PHYSICAL CONDITIONING

OLEH : Dra. IKA JAYADI, M.kes.

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar